Jumat, 30 Oktober 2015

tugas metode penelitian


Nama               : Saufa taslima
Nmp                :147026006
M.K                :  tugas metode penelitian
Dosen              : Dr. Nasruddin MN, M. Eng. Sc
1.      Hasrat ingin tahu manusia yang senantiasa berusaha  mencari kesempurnaan dan kebenaran, dan dengan penelitian banyak hal yang dapat terungkap, menjadikan pengetahuan semakin luas, sehingga eksistensi penelitian merupakan alat, atau perangkat metodologi yang digunakan untuk pembuktian segala macam dorongan ingin tahu. Karena itu dapat dipastikan semua orang pernah melakukan penelitian.
Tugas:
a.      Berikan 3 (tiga) identifikasi masalah penelitian dalam mencari  kebenaran yang original dengan  pendekatan pure research atau applied research !
Jawab :
1.      Dapat menyatakan tujuan dengan sejelas-jelasnya,
2.       Menggunakan landasan teoritis dan metode pengujian data yang relevan,
3.      Mengembangkan hipotesis yang dapat diuji dari telaah teoritis atau berdasarkan pengungkapan data
Sumber masalah penelitian bisa muncul dari tiga hal (Ranjit Kumar, 1996):
a)      Masalah Yang Ada di Manusianya Sendiri (People and Problem)    Kita harus hati-hati supaya tidak terjebak ke masalah di sekitar manusia yang bukan penelitian. Tapi juga jangan "saklek”, karena masalah manusia yang tadinya bukan masalah penelitian bisa kita "goyang sedikit" menjadi masalah penelitian.
b)       Masalah di Cara, Teknik dan Struktur Kerja (Program )
Teknik dan struktur kerja yang bermasalah tentu juga bisa menjadi masalah penelitian
c)      Fenomena yang Terjadi (Phenomenon)
  Fenomena yang ada di sekitar kita juga bisa menjadi masalah penelitian yang  menarik.
b.     Sepakat dalam mencari kebenaran tersebut dengan pendekatan  ilmiah, sebut dan jelaskan cirri-cirinya.
Jawab :                  
 Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada cirri-ciri keilmuan yaitu:
a)       Sistem axiomatis
Sistem ini berusaha membuktikan kebenaran suatu fenomena atau gejala sehari-hari mulai dari kaidah atau rumus umum menuju rumus khusus atau konkret. Atau mulai teori umum menuju fenomena/gejala konkret. Cara ini disebut deduktif-nomologis. Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu-ilmu formal, misalnya matematika.
b)       Sistem empiris
Sistem ini berusaha membuktikan kebenaran suatu teori mulai dari gejala/ fenomena khusus menuju rumus umum atau teori. Jadi bersifat induktif dan untuk menghasilkan rumus umum digunakan alat bantu statistik. Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu pengetahuan alam dan sosial.
c)       Sistem semantik/linguistik
Dalam sistem ini kebenaran didapatkan dengan cara menyusun proposisi-proposisi secara ketat. Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu bahasa (linguistik).
c.       Terkait dengan b. pilih satu dan beri tekanan, mengapa itu yang saudara anggap paling penting !.
Jawab :
yang saya anggap paling penting dalam melakukan penelitian yaitu rasional. Ini Di karenakan sebuah penelitian tersebut kita lakukan dengan cara yang masuk akal, yang bisa di pahami atau di terima oleh semua pihak.
  
2.      Betapa pentingnya tujuan dan manfaat penelitan untuk diketahui sebelum, peneliti melakukan proses penelitian.
Tugas:
a.      Pertimbangan – pertimbangan apa yang paling mendasar dalam menentukan tujuan penelitian ? Jelaskan singkat !
Jawab :
            Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan, pembuktian, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang diperoleh dari penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu, dan Pengembangan berarti untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan yang telah ada.



b.      Suatu penelitian dilakukan harus memiliki manfaat, sebut dan jelaskan !
jawab :
  1. Manfaat Teoritis
            Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan khasanah keilmuan bagi siapapun yang membaca, juga dapat dijadikan referensi bagi penelitian-penelitian selanjutnya, untuk dapat menambah ilmu pengetahuan sebagai hasil dari pengamatan langsung serta dapat memahami penerapan disiplin ilmu yang di peroleh selain studi di perguruan tinggi, penelitian ini di harapkan dapat memberikan informasi bagi pembaca dan pihak- pihak yang berkepentingan..
  1. Manfaat Praktis
                  Diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan kondisi fokus dan lokus yang diteliti oleh peneliti untuk mendapatkan suatu perhatian . dan Dengan di lakukan sebuah penelitian ini maka dapat Memberikan sumbangan pemikiran bagi mahasiswa tentang penelitian itu sendiri. Hasil penelitian ini dapat di gunakan sebagai input bagi pelayanan dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat di berbagai kalangan.

3.      Berbagai jenis penelitian dapat dimanfaatkan dalam memecahkan fenomena social baik untuk administrasi negara maupun politik, namun yang terpenting adalah derajad kesesuaian antara tujuan yang diharapkan dan manfaat yang dihasilkan.
Tugas:
  1. Jenis penelitian apakah yang digunakan bilamana yang akan dipecahkan adalah masalah kompetensi kepemimpinan integrative dengan sikap apatisme masyarakat? Apa alasannya?
Jawab :         
Jenis penelitian yang saya ambil adalah jenis penelitian ”kualitatif.”
            Alasan saya Penelitian Penelitian kualitatif menitik beratkan pengamatannya kepada suatu fenomena yang sedang bergerak (dinamis). Jenis penelitian ini mengunakan metode induktif, yaitu menghimpun data dari lapangan (field) kemudian mengkoneksikan data itu dengan pelbagai teori, maupun kaidah yang sudah ada. Dalam beberapa penelitian kualitatif yang lain, penelitian yang menitik beratkan pada kondisi sosio-masyarakat ini justeru menghasilkan anti-tesa terhadap pelbagai teori yang ada.
            Disinilah ciri mendasar yang membedakan jenis penelitian kualitatif dengan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ialah jenis penelitian yang menekankan kepada akurasi data secara kuantitatif, sehingga variabel data dikawal secara ketat melalui berbagai cara tertentu. Penelitian kuantitatif lazimnya menggunakan metode statistikal. Penellitian kuantitatif menggunakan metode yang berbeda dengan kualitatif dilihat dari relasi antara data dilapangan dengan teori yang ada. Metode ini menggunakan metode deduktif, yaitu penelitian berawala dari melihat teori yang ada, kemudian mengujinya di lapangan. Walaupun demikian, metode ini juga membuka peluang untuk menghasilkan teori baru.
  1. Apa kelebihan dan kekurangan dari pemeilihan jenis yang saudara lakukan tersebut?
Jawab :
Kelebihan dari jenis penelitian kualitatif yaitu:
            Dari karakteristik tersebut dapat difahami bahwa penelitian kualitatif memiliki beberapa keunggulan sebagai penelitian ilmu sosial.
            Pertama: Fokus penelitian kualitatif ialah suatu entitas yang utuh, sehingga penelitian kualitatif menekankan pada kajian terhadap pelbagai hal yang terjadi di lapangan. Penelitian ini sekaligus sebagai anti-tesa dari penelitian-penelitian berjenis positivis, maupun pospositivisme yang mengedepankan kajian pada aspek teoritikal yang bersifat eksak.

4.                  Variabel adalah konsep atau atribut yang mempunyai “variasi” nilai antara satu denngan yang lain yang disebut indikator, yang ditetapkan oleh peneleiti, sehingga menunjuk kepada pada suatu konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan.
Tugas :
a.      Apa mamfaat ditentukannya indicator/nilai-nilai dalam variabel penelitian?
Jawab :
           - untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data.
           - untuk mempersiapkan metode analisis/pengolahan data.
           - untuk pengujian hipotesis.
b.       Berikan 2 (dua) contoh dalam instrument kuesioner gabungan / paduan antara tertutup dengan 5 (lima) kategori jawaban mengacu pada Skala Likert,  dan terbuka?
       
 Contoh 1 : Pembangunan pasar modern dinoyo mengancam perekonomian masyarakat.
        Contoh 2 : Konsep tata kota malang telah sesuai dengan konsep tata kota ideal.
       
5 kategori jawaban :

1.    Sangat tidak setuju
2.    Tidak setuju
3.    Netral
4.    Setuju
5.    Sangat setuju

5.                  Pada penelitian kuantitatif sangat dibutuhkan konsep-teori :
a.      Apa mamfaat / keuntungannya ?
Jawab :
 Mamfaaat dari teori dalam penelitian adalah untuk membimbing dan mengarah seorang penelitia  dalam memecahkan masalah disaat penelitian, sedangkan keuntungan yang didapatkan dari teori adalah untuk pegangan disaat dalam penelitian

b.      .    Berikan contoh hipotesis alternative dengan konsep kompetensi kepemimpinan dan kompetensi pelayanan public !
contoh hipotesisnya : Peningkatan kompetensi kepemimpinan berbanding lurus dengan kompetensi pelayanan public.
6.      Sumber data secara umum dikenal ada 2 (dua) yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder:
a.      Jelaskan singkat makna masing-masing ?


Jawab :
Data primer adalah data yang dikumpulkan peneliti secara langsung sedangkan data sekunder adalah data yang tidak didapatkan secara langsung dari obyek penelitian misalnya studi literatur.
b.    Apa keuntungan masing-masing sumber untuk penelitian perilaku manusia ?
                       Masing - masing sumber sangat bermanfaat bagi penelitian karena saling melengkapi sehingga dapat diperoleh penelitian yang valid.

7.      Dari kompleksitasnya Populasi memiliki karakter Homogen dan Heterogen:
a.      Apa hakekatnya masing-masing ?
Jawab :
Hakekat homogen adalah didalam penilitan terdapat kesamaan objek atau sampel di saat melakukan penelitian, sedangkan hakekat heterogen adalah terdapat beragam jenis sampel dan populasi disaat penelitian. Populasi dikatakan homogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif seragam satu sama lainnya.
Populasi dikatakan heterogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti memiliki sifat-sifat yang relatif berbeda satu sama lainnya
b.  Jelaskan pula secara singkat dengan contoh,apa makna penelitian populasi  itu ?
Jawab :
Contoh penelitian homogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan di bidang eksakta, misalnya air, larutan, dsb
Contoh penelitian heterogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan dalam penelitian sosial dan perilaku, yang objeknya manusia atau gejala-gejala dalam kehidupan manusia yang bersifat unik dan kompleks. Misalnya, apabila kita ingin mengetahui rata-rata IQ mahasiswa Unitri angkatan 2009 (berarti rata-rata dari semua Fakultas). Jelas, rata-rata IQ mahasiswa antar Fakultas kemungkinan besar bervariasi, IQ mahasiswa Fakultas Teknik relatif lebih tinggi dibanding dengan rata-rata IQ mahasiswa Fakultas lainnya, sehingga kita bisa mengatakan bahwa populasi tersebut keadaannya heterogen.
8Misalkan bilamana dalam penelitian yang dipilih kompetensi Kepemimpinan dan Pelayanan Publik, dengan instrument Dokumentasi.
a.     Data apa sajakah yang dibutuhkan ?
Jawab :
Dokumen dan catatan dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan penelitian
b.     Sebutkan secara rinci !
        1. Variabel Bebas (pelayanan publik)
a.       Standar profisional.
b.      Kompetensi teknis
c.       Kinerja layanan
d.      Kepuasan
e.       Keterbukaan
f.       Ketepatan waktu
2. Variabel antara (kepemimpinan integratif)
a.       imlulsip (menurut kata hati)
b.      defensif (sikap bertahan)
c.       loyalitas (unsur pengabdian
3. Variabel Terikat (pembangunan daerah)
a.       Pertumbuhan
b.      Perubahan
c.       Terencana
d.      Kearah yang lebih baik
e.       Modernitas        
9.    Jelaskan secara singkat yang saudara ketahui penelitian kualitatif
Jawab :
Penelitian kuantitatif adalah pengukuran terhadap gejala yang diamati menjadi penting, sehingga pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan daftar pertanyaan berstruktur (angket) yang disusun berdasarkan pengukuran terhadap variabel yang diteliti yang kemudian menghasilkan data kuantitatif.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar