Nama : Saufa taslima
Nmp :147026006
M.K : tugas metode penelitian
Dosen : Dr. Nasruddin MN, M. Eng. Sc
1. Hasrat ingin tahu manusia yang senantiasa berusaha mencari
kesempurnaan dan kebenaran, dan dengan penelitian banyak hal yang dapat
terungkap, menjadikan pengetahuan semakin luas, sehingga eksistensi penelitian merupakan
alat, atau perangkat metodologi yang digunakan untuk pembuktian segala macam
dorongan ingin tahu. Karena itu dapat dipastikan semua orang pernah melakukan
penelitian.
Tugas:
a.
Berikan 3
(tiga) identifikasi masalah penelitian dalam mencari kebenaran yang original dengan
pendekatan pure research atau applied research !
Jawab :
1. Dapat menyatakan tujuan dengan sejelas-jelasnya,
2. Menggunakan landasan teoritis dan
metode pengujian data yang relevan,
3. Mengembangkan hipotesis yang dapat diuji dari telaah teoritis atau
berdasarkan pengungkapan data
Sumber masalah penelitian bisa
muncul dari tiga hal (Ranjit Kumar, 1996):
a)
Masalah Yang
Ada di Manusianya Sendiri (People and Problem) Kita harus hati-hati supaya tidak terjebak ke masalah di
sekitar manusia yang bukan penelitian. Tapi juga jangan "saklek”, karena
masalah manusia yang tadinya bukan masalah penelitian bisa kita "goyang
sedikit" menjadi masalah penelitian.
b)
Masalah di Cara, Teknik dan Struktur Kerja (Program )
Teknik dan
struktur kerja yang bermasalah tentu juga bisa menjadi masalah penelitian
c)
Fenomena yang
Terjadi (Phenomenon)
Fenomena
yang ada di sekitar kita juga bisa menjadi masalah penelitian yang menarik.
b. Sepakat dalam mencari kebenaran tersebut dengan pendekatan ilmiah, sebut dan jelaskan cirri-cirinya.
Jawab :
Cara ilmiah berarti kegiatan penelitian itu didasarkan pada cirri-ciri
keilmuan yaitu:
a) Sistem axiomatis
Sistem ini
berusaha membuktikan kebenaran suatu fenomena atau gejala sehari-hari mulai
dari kaidah atau rumus umum menuju rumus khusus atau konkret. Atau mulai teori
umum menuju fenomena/gejala konkret. Cara ini disebut deduktif-nomologis.
Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu-ilmu formal, misalnya
matematika.
b) Sistem empiris
Sistem ini
berusaha membuktikan kebenaran suatu teori mulai dari gejala/ fenomena khusus
menuju rumus umum atau teori. Jadi bersifat induktif dan untuk menghasilkan
rumus umum digunakan alat bantu statistik. Umumnya yang menggunakan metode ini
adalah ilmu pengetahuan alam dan sosial.
c) Sistem semantik/linguistik
Dalam sistem
ini kebenaran didapatkan dengan cara menyusun proposisi-proposisi secara ketat.
Umumnya yang menggunakan metode ini adalah ilmu bahasa (linguistik).
c. Terkait dengan b. pilih satu dan beri tekanan, mengapa itu yang saudara
anggap paling penting !.
Jawab :
yang saya anggap paling penting
dalam melakukan penelitian yaitu rasional. Ini Di karenakan sebuah penelitian
tersebut kita lakukan dengan cara yang masuk akal, yang bisa di pahami atau di
terima oleh semua pihak.
2. Betapa pentingnya tujuan dan manfaat penelitan
untuk diketahui sebelum, peneliti melakukan proses penelitian.
Tugas:
a. Pertimbangan – pertimbangan apa yang paling mendasar dalam menentukan
tujuan penelitian ? Jelaskan singkat !
Jawab :
Secara umum tujuan penelitian ada tiga macam yaitu yang bersifat penemuan,
pembuktian, dan pengembangan. Penemuan berarti data yang diperoleh dari
penelitian itu adalah data yang betul-betul baru yang sebelumnya belum pernah
diketahui. Pembuktian berarti data yang diperoleh itu digunakan untuk
membuktikan adanya keragu-raguan terhadap informasi atau pengetahuan tertentu,
dan Pengembangan berarti untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan
yang telah ada.
b. Suatu penelitian dilakukan harus memiliki manfaat, sebut dan jelaskan !
jawab :
- Manfaat Teoritis
Manfaat teoritis dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan dan khasanah
keilmuan bagi siapapun yang membaca, juga dapat dijadikan referensi bagi
penelitian-penelitian selanjutnya, untuk dapat menambah ilmu pengetahuan sebagai hasil dari pengamatan langsung
serta dapat memahami penerapan disiplin ilmu yang di peroleh selain studi di
perguruan tinggi, penelitian ini di harapkan dapat memberikan informasi bagi
pembaca dan pihak- pihak yang berkepentingan..
- Manfaat Praktis
Diharapkan penelitian ini dapat menggambarkan kondisi fokus dan lokus yang
diteliti oleh peneliti untuk mendapatkan suatu perhatian . dan Dengan di
lakukan sebuah penelitian ini maka dapat Memberikan sumbangan pemikiran bagi
mahasiswa tentang penelitian itu sendiri. Hasil penelitian ini dapat di gunakan
sebagai input bagi pelayanan dalam melakukan hal-hal yang bermanfaat di
berbagai kalangan.
3. Berbagai jenis penelitian dapat dimanfaatkan dalam memecahkan fenomena
social baik untuk administrasi negara maupun politik, namun yang terpenting
adalah derajad kesesuaian antara tujuan yang diharapkan dan manfaat yang
dihasilkan.
Tugas:
- Jenis penelitian apakah yang digunakan bilamana yang akan dipecahkan adalah masalah kompetensi kepemimpinan integrative dengan sikap apatisme masyarakat? Apa alasannya?
Jawab
:
Jenis penelitian yang saya ambil
adalah jenis penelitian ”kualitatif.”
Alasan saya Penelitian Penelitian
kualitatif menitik beratkan pengamatannya kepada suatu fenomena yang sedang
bergerak (dinamis). Jenis penelitian ini mengunakan metode induktif, yaitu
menghimpun data dari lapangan (field) kemudian mengkoneksikan data itu dengan
pelbagai teori, maupun kaidah yang sudah ada. Dalam beberapa penelitian
kualitatif yang lain, penelitian yang menitik beratkan pada kondisi
sosio-masyarakat ini justeru menghasilkan anti-tesa terhadap pelbagai teori
yang ada.
Disinilah ciri mendasar yang membedakan jenis penelitian kualitatif dengan
penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ialah jenis penelitian yang
menekankan kepada akurasi data secara kuantitatif, sehingga variabel data
dikawal secara ketat melalui berbagai cara tertentu. Penelitian kuantitatif
lazimnya menggunakan metode statistikal. Penellitian kuantitatif menggunakan
metode yang berbeda dengan kualitatif dilihat dari relasi antara data
dilapangan dengan teori yang ada. Metode ini menggunakan metode deduktif, yaitu
penelitian berawala dari melihat teori yang ada, kemudian mengujinya di
lapangan. Walaupun demikian, metode ini juga membuka peluang untuk menghasilkan
teori baru.
- Apa kelebihan dan kekurangan dari pemeilihan jenis yang saudara lakukan tersebut?
Jawab :
Kelebihan dari jenis penelitian
kualitatif yaitu:
Dari karakteristik tersebut dapat difahami bahwa penelitian kualitatif memiliki
beberapa keunggulan sebagai penelitian ilmu sosial.
Pertama: Fokus penelitian kualitatif ialah suatu entitas yang utuh, sehingga
penelitian kualitatif menekankan pada kajian terhadap pelbagai hal yang terjadi
di lapangan. Penelitian ini sekaligus sebagai anti-tesa dari
penelitian-penelitian berjenis positivis, maupun pospositivisme yang
mengedepankan kajian pada aspek teoritikal yang bersifat eksak.
4.
Variabel
adalah konsep atau atribut yang mempunyai “variasi” nilai antara satu denngan
yang lain yang disebut
indikator, yang ditetapkan oleh peneleiti, sehingga menunjuk kepada pada suatu
konstruk atau sifat yang akan dipelajari untuk diambil kesimpulan.
Tugas :
a.
Apa
mamfaat ditentukannya indicator/nilai-nilai dalam variabel penelitian?
Jawab
:
- untuk mempersiapkan alat dan metode pengumpulan data.
- untuk mempersiapkan metode analisis/pengolahan data.
- untuk pengujian hipotesis.
b. Berikan 2 (dua) contoh
dalam instrument kuesioner gabungan / paduan antara tertutup dengan 5 (lima) kategori
jawaban mengacu pada Skala Likert, dan terbuka?
Contoh 1
: Pembangunan pasar modern dinoyo mengancam perekonomian masyarakat.
Contoh 2 : Konsep tata kota malang telah sesuai dengan konsep tata kota ideal.
5 kategori jawaban :
1.
Sangat tidak setuju
2.
Tidak setuju
3.
Netral
4.
Setuju
5.
Sangat setuju
5.
Pada
penelitian kuantitatif sangat dibutuhkan konsep-teori :
a.
Apa
mamfaat / keuntungannya ?
Jawab :
Mamfaaat dari teori dalam penelitian
adalah untuk membimbing dan mengarah seorang penelitia dalam memecahkan
masalah disaat penelitian, sedangkan keuntungan yang didapatkan dari teori
adalah untuk pegangan disaat dalam penelitian
b. . Berikan
contoh hipotesis alternative dengan konsep kompetensi kepemimpinan dan
kompetensi pelayanan public !
contoh
hipotesisnya : Peningkatan kompetensi kepemimpinan berbanding lurus dengan
kompetensi pelayanan public.
6.
Sumber data secara umum dikenal ada 2 (dua) yaitu sumber data primer dan
sumber data sekunder:
a.
Jelaskan singkat makna masing-masing ?
Jawab :
Data primer adalah data yang dikumpulkan peneliti
secara langsung sedangkan data sekunder adalah data yang tidak didapatkan
secara langsung dari obyek penelitian misalnya studi literatur.
b.
Apa keuntungan masing-masing sumber untuk penelitian perilaku manusia ?
Masing - masing sumber sangat
bermanfaat bagi penelitian karena saling melengkapi sehingga dapat diperoleh
penelitian yang valid.
7.
Dari kompleksitasnya Populasi memiliki karakter Homogen dan Heterogen:
a.
Apa hakekatnya masing-masing ?
Jawab :
Hakekat homogen adalah didalam penilitan terdapat
kesamaan objek atau sampel di saat melakukan penelitian, sedangkan hakekat
heterogen adalah terdapat beragam jenis sampel dan populasi disaat penelitian. Populasi
dikatakan homogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti
memiliki sifat-sifat yang relatif seragam satu sama lainnya.
Populasi
dikatakan heterogen apabila unsur-unsur dari populasi yang diteliti memiliki
sifat-sifat yang relatif berbeda satu sama lainnya
b. Jelaskan pula secara singkat
dengan contoh,apa makna penelitian populasi itu ?
Jawab :
Contoh
penelitian homogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan di bidang
eksakta, misalnya air, larutan, dsb
Contoh
penelitian heterogen; Karakteristik seperti ini banyak ditemukan dalam
penelitian sosial dan perilaku, yang objeknya manusia atau gejala-gejala dalam
kehidupan manusia yang bersifat unik dan kompleks. Misalnya, apabila kita ingin
mengetahui rata-rata IQ mahasiswa Unitri angkatan 2009 (berarti rata-rata dari
semua Fakultas). Jelas, rata-rata IQ mahasiswa antar Fakultas kemungkinan besar
bervariasi, IQ mahasiswa Fakultas Teknik relatif lebih tinggi dibanding dengan
rata-rata IQ mahasiswa Fakultas lainnya, sehingga kita bisa mengatakan bahwa
populasi tersebut keadaannya heterogen.
8. Misalkan
bilamana dalam penelitian yang dipilih kompetensi Kepemimpinan dan Pelayanan
Publik, dengan instrument Dokumentasi.
a. Data apa sajakah yang dibutuhkan ?
Jawab :
Dokumen dan
catatan dalam bentuk apapun yang berkaitan dengan penelitian
b. Sebutkan secara rinci !
1. Variabel Bebas (pelayanan publik)
a. Standar
profisional.
b. Kompetensi teknis
c. Kinerja layanan
d. Kepuasan
e. Keterbukaan
f. Ketepatan waktu
2. Variabel antara (kepemimpinan
integratif)
a.
imlulsip (menurut kata hati)
b.
defensif (sikap bertahan)
c.
loyalitas (unsur pengabdian
3. Variabel Terikat (pembangunan daerah)
a.
Pertumbuhan
b.
Perubahan
c.
Terencana
d.
Kearah yang lebih baik
e.
Modernitas
9.
Jelaskan secara singkat yang saudara ketahui penelitian kualitatif
Jawab :
Penelitian
kuantitatif adalah pengukuran terhadap gejala yang diamati menjadi penting,
sehingga pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan daftar pertanyaan
berstruktur (angket) yang disusun berdasarkan pengukuran terhadap variabel yang
diteliti yang kemudian menghasilkan data kuantitatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar